Senin, 19 Mei 2008

Buku Baru di NEMU Buku - Resensi


Awalnya karena profil Irshad Manji yang ditampilkan harian Kompas (04/05/08), berhubungan dengan kedatangannya ke Indonesia. Buku yang sebenarnya sudah lama terbit (2003). Di Indonesia diterbitkan oleh Nun Publisher pada Aprill 2008. Dalam profil itu diinformasikan bahwa pemikiran-pemikirannya yang dibukukan dan juga sudah dialih-bahasakan ke bahasa Indonesia itu dapat diakses melalui website personalnya di irshadmanji.com

9 bab yang mengalir. Manji mengurai pemikirannya dengan pendekatan-pendekatan historis, juga dengan pengalaman empiriknya. Dengan gaya bertutur, kritik-kritik manji terasa begitu membumi. Poin penting dari buku itu adalah pada isu ijtihad, berpikir kritis yang menurut Manji memiliki tradisi panjang dalam Islam dan Manji memberikan konteks relasinya dengan isu global, keadilan. Sepenggal wawancara Manji dalam profil itu, "Bayangkan, 1.000 tahun lalu, seorang Muslim mengakui hal itu. Di mana kita saat ini? Itu sebabnya bukan Islam yang harus berubah, tetapi umat Islam harus memiliki keberanian untuk bangkit ke semangat terbaik Islam, ijtihad, yang sudah ada dalam tradisi Islam."

Komentar-komentar tentang buku:

"Saya kini sedang menikmati buku Irshad Manji, The Trouble with Islam Today. Dia bukan seorang sarjana muslim. Tapi dengan jujur dia telah mengungkapkan sesuatu yang dirasakan seorang muslim tentang Islam yang "dipraktekkan" dalam masyarakat. Saya mendapat banyak pelajaran dari buku ini, sebab pengarangnya adalah sedikit di antara muslimah yang berani melontarkan "suara lain" (Ulil Abshar Abdala, Aktivis Jaringan Islam Liberal, islamlib.com)

" Dalam buku kontroversial ini, Irshad Manji memaparkan kelemahan Islam yang paling mendasar: terorisme atas nama agama, kebencian berlebihan terhadap umat lain, dan pengkultusan Al-Quran. Namun, buku ini menggali lebih dalam lagi, menawarkan visi reformasi Islam yang lebih sesuai dengan perkembangan zaman. Manji ingin menghidupkan kembali "tradisi ijtihad", yang hilang selama ratusan tahun dari peradaban Islam." (bismikabooks.com)

" “Sebuah buku berani yang ditulis oleh seorang muslimah yang tidak takut mati!” (Lola Amaria, Aktris)

Tidak ada komentar: