Selasa, 03 November 2009

Resensi Film Central Celebes for Cinema Politica, 9-15 Nopember 2009



Keiskamma, A Story of Love
Hamburg, sebuah desa kecil yang indah dan tenang di Afrika Selatan. Ditempat itu banyak dari anak-anak dan orangtua mereka terpapar HIV AIDS. Ditengah itu, sebuah optimisme tanpa kenal lelah dibangun oleh beberapa perempuan yang melibatkan dirinya dalam kerja-kerja kemanusiaan yang penuh dedikasi, mendistribusikan dan memastikan obat-obat ARV telah sampai dan diminum mereka yang membutuhkan. Tak hanya itu, sebuah inisiasi kolektif dirumah kesenian Keiskamma digunakan untuk memfasilitasi kegiatan literasi perempuan lokal, membuat sulaman besar yang bercerita tentang keadaan mereka, lokalitas mereka.

Pembuat: Miki Redelinghuys
Tahun pembuatan: 2007
Durasi: 90 menit
Audio: English / Afrika Selatan
Subtitle: English

----

Favela Rising
Potret kekerasan yang menjadi ritual harian dan bersimbiosis dengan kartel narkoba dan polisi di pemukiman kumuh disalah satu sudut Rio De Janeiro, Brazil. Favelas, menjadi stigma bagi mereka dikawasan yang bernama Vigario Geral itu. Anderson Sa, laki-laki yang bergelut dengan itu semua membangkitkan spirit komunalnya melalui seni. Bersama komunitasnya, Sa membuat Hip Hop, Capoeira, dan Perkusi menjadi alat pemberontakan sekaligus pembebasan para Favelas untuk keluar dari situasi buruk itu.

Pembuat: Jeff Zymbalist, Matt Mochary
Tahun pembuatan: 2005
Durasi: 80 menit
Audio: Brazil
Subtitle: English

----

Malls R Us
Segalanya ada di mall. Malls R Us adalah sebuah dokumenter dari refleksi pusat-pusat perbelanjaan, nostalgia, ambisi arsitektural, kebudayaan pop dan politik. Film bergerak dari dari Amerika Utara sebagai asal-usul mall hingga yang terjadi di Dubai, Polandia, Jepang dan India. Arsitek dari ritel-ritel kontemporer yang ternama dan para pengembang yang menjelaskan bagaimana diabad ini mall melahirkan kembali kota, menginspirasi gedung-gedung monumental, dan menyatukan umat manusia. (Sumber: cinemapolitica.org)

Pembuat: Helene Klodawsky
Tahun pembuatan: 2009
Durasi: 85 menit
Audio: English

----

Addicted to Plastic
Film dokumenter yang menjalani tiga tahun syuting di 12 negara dan di 5 benua, termasuk dua kali ke tengah-tengah Samudera Pasifik di mana sampah plastik terakumulasi. Dari styrofoam cups hingga organ buatan, plastik mungkin yang paling sering digunakan sebagai materi serbaguna yang pernah diciptakan. Tidak ada ekosistem atau segmen aktivitas manusia yang lolos dari plastik. Film yang akan memberikan para penonton perspektif baru tentang masa depan kita dengan plastik. (Sumber: cinemapolitica.org)

Pembuat: Ian Connacher
Tahun pembuatan: 2008
Durasi: 70 menit
Audio: English

----

Popaganda: The Art and Crimes of Ron English
Dalam estetika postmodernisme, dapatlah dikatakan bahwa beberapa karya yang dibuat oleh Seniman dari negeri Paman Sam ini, Ron English adalah Kitsch, melakukan demitologisasi –untuk menyebutnya merusak, mendekonstruksi bentuk yang sudah ada. Iklan-iklan yang hadir di ruang publik utamanya jalan seperti iklan rokok, makanan cepat saji, mainan anak-anak, dan berbagai ajakan advertorial lainnya, di Kitsch oleh English menjadi semacam lelucon satir yang kritis dan ironis. Dalam aksi vandalismenya tak jarang English harus berhadapan dengan polisi. Inilah yang membuat stigma kriminal menempel pada English selain seni.

Pembuat: Pedro Carvajal
Tahun pembuatan: 2005
Durasi: 80 menit
Audio: English

----

I Was A Teenage Feminist
Film dokumenter yang secara personal dikerjakan oleh Therese Schecter dengan menjumpai banyak orang dan menanyakan definisi kekinian mereka tentang feminsime. I Was a Teenage Feminist mencoba mendefinisikan kembali kata F untuk feminisime pada sebuah generasi baru.

Pembuat: Therese Schecter
Tahun pembuatan: 2005
Durasi: 60 menit
Audio: English

----

Sekolah Kami, Hidup Kami
Pembuat: Steve Pillar Setiabudi
Tahun pembuatan: 2008
Durasi: 12 menit
Audio: Indonesia
Subtitle: English
Keyword: Korupsi, Aksi Pelajar SMA, Solo

Kitorang Pung Mama / Our Beloved Mother
Pembuat: Tonny Trimarsanto
Tahun pembuatan: 2006
Durasi: 30 menit
Audio: Indonesia
Subtitle: English
Keyword: Perempuan, Kekerasan, Tradisi Lokal, Papua

Anarchist Cookbook, for Begginer
Pembuat: Dimas Jayasrana
Tahun pembuatan: 2007
Durasi: 20 menit
Audio: Indonesia
Subtitle: English
Keyword: Punk, Jakarta

His Story
Pembuat: Steve Pillar, A. Moetaba, Fendry Ponomban
Tahun pembuatan: 2007
Durasi: 30 menit
Audio: Indonesia
Subtitle: English
Keyword: Munir, HAM.

Tidak ada komentar: